Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Website dan HTML

Diposting oleh On 20:54

Bagi orang awan, istilah website atau html bisa saja diartikan sama, namun jika dilihat dari definisinya istilah-istilah tersebut mempunyai arti yang berbeda.

WEBSITE
Dalam dunia maya (internet) kita mengenal beberapa istilah tentang website atau html:

  • web
  • www
  • website
  • web pages, dan 
  • homepage. 
Website dan HTML

Perhatikan penjelasan berikut:
  1. www (word wide web) adalah kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.
  2. web adalah fasilitas hypertext yang mampu menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan multimedia. Data-data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk membaca data tersebut diperlukan sebuah web browser seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain sebagainya.
  3. website (situs web) adalah tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu. Diibaratkan website ini seperti buku yang berisi topik tertentu.
  4. web pages (halaman web) adalah sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini seperti halaman khusus dari buku.
  5. homepage adalah sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.

Baca Juga:

Website pada intinya adalah hasil dari rangkaian program yang tersusun secara sistematis/terstruktur, dan dasar pemrograman web adalah HTML (HyperText Markup Language).

HTML
HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa program (script) yang digunakan untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler (berupa file *.html atau *.htm) dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

HTML tidak membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil pada penulisan elemen maupun tag. Penulisan <i> dan <I> dianggap sama.

Beberapa browser ada yang tidak dapat mengenali tag tertentu, dan browser tersebut akan mengabaikan tag yang tidak dikenalnya lalu menuliskan isi di dalam tag tersebut sebagai teks biasa.

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya